Popular Posts

Saturday 1 November 2014

PELUANG USAHA


Langkah Memulai Usaha Lele

Memulai suatu bidang usaha, termaksud usaha lele tidak boleh sembarangan, salah sedikit saja bisa berantakan. Akibatnya kerugian langsung menghadang dan menghancurkan harapan, padahal seebuah usaha dibangun untuk mendapatkan keuntungan termaksud pada langkah awal.
Ingin memulai usaha lele sangkuriang dengan jitu, ikutilah langkah-langkah berikut :

Mengetahui tehnologi
Setiap calon pengusaha dapat mengetahui berbagai informasi, terutama teknik produksi, kebutuhan lahan, kebutuhan bahan, kebutuhan alat, lama proses produksi dan resikonya. Untuk memperoleh informasi tersebut, calaon pengusaha harus membaca buku ataupun pedoman, mendatangi balai penelitian perikanan dan balai benih ikan atau petani berhasil dan mengikuti pelatihan dan magang, termaksud di UF-Two.
Menyiapkan Lahan
Setiap calon pengusaha dapat membangun semua fasilitas produksi sesuai dengan kebutuhan dan target produksi. Untuk menyiapkan lahan, setiap calon pengusaha harus mempertimbangkan tiga persyaratan lahan, yaitu persyaratan teknis, persyaratan sosial dan persyaratan ekonomis. Survei lokasi harus dilakukan dengan teliti agar tidak salah dalam memilihnya.
Membangun Fasilitas Produksi
Setiap calon pembudidaya dapat menyediakan wadah pemeliharaan, terutama kolam, berikut bagian-bagiannya dan rumah jaga serta fasilitas pendukung lainnya. Untuk membangun fasilitas, setiap calon pengusaha harus menerapkan tekhnologi yang telah dianjurkan oleh berbagai pihak, termaksud jenis, jumlah, kontruksi dan penataan perkolaman sesuai dengan target produksi.
Menyiapkan Sarana Produksi dan Peralatan
Setiap calon pembudidaya dapat menyiapkan bahan-bahan dibutuhkan, seperti induk, benih, pakan,probiotik dan bahan-bahan lainnya. selain itu calon pengusaha juga dapat menyediakan peralatan seperti spoit, hapa pemijahan, lambit dan skupnet serta alat-alat lainnya. Untuk menyediakan sarana produksi dan peralatan, setiap calon pengusaha harus menghitung sesuai dengan target produksi.
Melakukan Kegiatan Produksi
Setiap calon pengusaha sudah dapat memproduksi Lele sendiri, mulai dari pembenihan hingga pembesaran. Agar dapat mencapai target produksi, maka melakukan berbagai tahapan, diantara pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, pendederan dan pembesaran. Selain itu juga harus melakukannya sesuai dengan teknologi yang di anjurkan oleh berbagai pihak.
Melakukan Penjualan
Setiap calon pengusaha dapat menjual hasilnya. Penjualan bisa dilakukan di tempat usaha bisa juga dikirim ke tempat pembeli. Agar penjualan bis continue, maka pelayanan harus profesional, dengan memperhatikan aturan dan kesepakatan dalam jual beli. Dari hasil penjualan, pengusaha sudah dapat menghitung pendapatan yang diperoleh dan keuntungan dalam setiap periode. 

Beberapa Pilihan Kolam Budidaya Lele














No comments:

Post a Comment